Rabu, 05 November 2014

Pemprov Aceh Dinilai Lamban

TINGGINYA intensitas curah hujan mengakibatkan banjir dan longsor menerpa beberapa kabupaten di Provinsi Aceh. Kawasan yang dilanda banjir, tanah longsor, serta kerusakan badan jalan meliputi Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, dan Nagan Raya.

Kemudian Kabupaten Aceh Selatan, Kota Subulussalama, Kabupaten Aceh Singkil, Gayo Lues, dan Aceh Tengah. Di Kabupaten Aceh Barat, misalnya, banjir meredam sebagian besar wilayah tersebut. Ketinggian air 50 cm hingga 1,5 meter. Transportasi Kota Subulussalama-Kabupaten Aceh Singkil juga tersendat karena banjir.

Di jalur nasional Banda Aceh-Kabupaten Aceh Jaya, terjadi longsor dan ambles di beberapa lokasi lintasan Gunong Paroe, Gunong Pulot, dan Gunong Geureutee. Jalan yang menghubungkan Banda Aceh dengan wilayah barat selatan Aceh itu putus.

Terkait dengan bencana banjir dan longsor, pemerintah Aceh dinilai lamban. Upaya menormalkan kembali jalur darat yang tertimbun longsor di kawasan pegunungan Glee Paro, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, menegaskan hal itu.

“Seharusnya, sejak longsor pada Jumat (31/10) malam itu, kemudian paginya (Sabtu) alat berat milik pemerintah sudah berada di lokasi dan bekerja sehingga dapat mempercepat upaya pemulihan,“ kata juru bicara Kaukus Pantai Barat dan Selatan Aceh TAF Haikal di Banda Aceh, kemarin.

Longsor di ruas jalan Banda Aceh-Calang (Aceh Jaya) membuat warga Kecamatan Lhoong terisolasi. Diharapkan, Pemkab Aceh Jaya memberi bantuan kebutuhan pokok selama jalur Banda Aceh belum normal.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kemarin, melakukan kunjungan ke Kota Solok, Sumatra Barat, yang dilanda banjir sejak Jumat (31/10).

Korban banjir terdata 3.084 jiwa atau 870 kepala keluarga. Di Klaten, Jateng, antisipasi banjir dilakukan dengan tim susur Sungai Woro dan Sungai Dengkeng untuk pendataan daerah rawan banjir dan tanggul kritis. (MR/JS/Ant/N-2) Media Indonesia, 4/11/2014, halaman 11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar